Intensitas Hubungan Amerika vs Korea Utara Memanas, Apa Hubungannya Dengan Saham...?

Intensitas Hubungan Amerika vs Korea Utara Memanas, Apa Hubungannya Dengan Saham - Seperti yang Anda ketahui, kemarin Korea Utara menyatakan akan membalas ancaman yang diberikan oleh Amerika dengan menembakkan rudal ke wilayah Pasifik Amerika, Guam. Ancaman tersebut membuat harga-harga logam mulia langsung menguat akibat ketidakpastian global. Lalu, apa hubungannya dengan saham MEDC...? 


Sebelum itu, mari kita simak ulasan IHSG berikut ini.

IHSG pada sore hari ini masih belum mengalami pergerakan yang signifikan, melemah -0,03% ke level 5,825.95. Kondisi global yang masih penuh gejolak membuat trader masih melakukan wait and see di pasar saham saat ini. Sementara itu, asing hari ini melakukan net sell sebesar Rp66,35 miliar.

Saham MEDC dan Hubungan Korea Utara-Amerika

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak disektor energi, harga saham MEDC sangat sensitif terhadap pergerakan minyak dunia tau crude oil. Naiknya harga minyak dunia akan berdampak positif terhadap harga saham ini, dan sebaliknya.

Namun, semenjak melakukan akuisisi terhadap Amman Mineral Investama, MEDC kini memiliki tingkat kontrol efisiensi biaya yang cukup baik. Sehingga saat ini harga minyak tidak akan berdampak terlalu signifikan terhadap saham MEDC, yang juga mendiversifikasi bisnisnya ke komoditas tembaga dan emas.

Nah, lalu apakah benar hubungan Amerika dan Korea Utara yang kian memanas menjadi penyebab kenaikan saham MEDC hari ini?

Ancaman  Korea Utara yang akan menembakkan rudal ke Amerika secara tidak langsung menyebabkan terjadinya kenaikan terhadap logam-logam mulia di dunia, terutama emas.

Naiknya harga emas yang mencapai level tertingginya saat ini, dan juga harga minyak yang masih berpotensi terus menguat berkat kebijakan pemangkasan produksi minyak dari OPEC serta penurunan produksi minyak dari Amerika turut mendorong kenaikan saham MEDC.

Seperti yang kami katakan tadi, bahwa lini usaha MEDC tidak hanya minyak akan tetapi juga dipengaruhi oleh tembaga dan emas, jadi konflik tersebut juga turut mendukung kenaikan saham MEDC.

Secara fundamental, PBV dan ROE perusahaan menunjukkan angka yang cukup bagus dengan harga saham yang cukup murah. Namun, hutangnya yang masih cukup tinggi membuat MEDC masih terus menggalang dana hingga Rp2 triliun yang akan digunakan untuk refinancing dan menambah belanja modal perusahaan.

Efisiensi beban yang terus dilakukan oleh MEDC diperkirakan akan membuat kinerja keuangan MEDC semakin positif.

Saham MEDC sendiri sudah direkomendasikan di premium access sejak 11 Juli lalu di area 2400-2450 dan telah menguat hingga lebih dari 14%. (Sumber : Ellen May - Institute)


 Salam,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Intensitas Hubungan Amerika vs Korea Utara Memanas, Apa Hubungannya Dengan Saham...?

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==