Pengaruh Template Blog

Apa pengaruh Template Blog - Template blog sangat mempengaruhi penampilan suatu blog. Dari bermacam-macam blog yang ada banyak template-template yang menarik. Menarik untuk dilihat dan pengunjung betah untuk berlma-lama membaca segala informasi yang ada di blog tersebut. Ini berbeda dengan tampilan blog yang dibuat dengan alakadarnya, walau content atau isi blog-nya bagus, tapi pengunjung sedikit karena tidak enak untuk berlama-lama di blog tersebut, misalnya karena banyak iklan-nya, tulisan kurang jelas atau loadingnya lama.

Apalagi sekarang sudah jaman-nya gadget Handphone / Ipad dimana blog bisa dibuka dengan gadget tersebut. Kalau pas dibuka di computer normal-normal saja, pas dibuka di gadget hasilnya berantakan, hal ini akan menjadikan blog tersebut kurang diminati. Jadi perlu blog yang responsive. 


Apa itu responsive...?

Responsive adalah ketika kontent dari blog kita dibuka melalui PC atau gadget tetap bisa menyesuaikan tampilannya baik itu tulisannya, iklan, gambar dan template-nya. Sehingga tidak mengganggu pengguna atau pembaca blog.

Responsive sangatlah berpengaruh terhadap tampilan dan kinerja blog. Pada awalnya banyak sekali dari para blogger yang tidak perhatian bahkan mengabaikan hal ini, termasuk saya. Pada pertama kali saya membuat blog pada tahun 2008 dan saat itu masih menggunakan template bawaan blogspot (template default). Pada saat itu yang namanya template memang tidak terlalu berpengaruh, dan hal yang tidak kalah penting adalah isi konten dari blog itu sendiri, dan bukanlah hal yang sulit untuk menduduki halaman pertama pada pencarian google.

Tapi seiring berjalannya waktu, blog yang saya urus hanya dengan posting dan posting saja tanpa memperhatikan template ternyata lama kelamaan menjadi sangat tertinggal, yang awalnya bisa menempati halaman pertama google kok malah merosot jauh sampai halaman ketiga, keempat bahkan ada yang tidak muncul dan menyebabkan pageview menjadi memburuk.

Kemudian karena alasan tersebut saya mulai membuka dan mencari blog yang memiliki postingan sama dengan blog yang saya kelolah dan yang  menduduki peringkat teratas. Ternyata pas dibuka dan saya menelusuri blog-blog tersebut yang bahkan tanggal postingnya lebih muda dari postingan yang saya buat. Hal itu semakin membuat semangat ngeblog jadi menurun hilang.

Kemudian semakin banyak saya mencari informasi dimana-mana baik di google, media sosial dan bahkan meminta bantuan dari blogger-blogger yang sudah ahli. Kemudian saya menyimpulkan “ternyata memang benar-benar ketinggalan informasi”. Akibat kebodohan dari newbie seperti saya yang telat informasi, malas membaca, dan hanya focus terhadap membuat artikel menyebabkan blog saya semakin terpuruk.

Template sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading sebuah blog, jadi pilihlah template yang ringan dan responsive sehingga cepat ketika di loading.

Setelah sibuk muter-muter akhirnya saya memasang Template gratisan "MINIMA LIGHT" dari www.arlinadzgn.com yang free template dan memerlukan waktu hingga berminggu-minggu untuk mendesainnya agar sesuai dengan blog yang saya inginkan. Tapi kalau anda tidak ingin bersusah-susah mengedit HTML-nya di template tersebut, anda bisa membeli template tersebut ke mbak Arlina dengan patokan harga sekitar Rp 70.000 - Rp 150.000.

Secara umum Template responsive memiliki kelebihan diantaranya adalah lebih ringan, mendukung dibuka lewat manapun baik PC ataupun Handpone. Jadi buatlah blog dengan template yang responsive. Banyak penyedia template-template gratis yang sudah responsive, tinggal edit sedikit sudah menjadikan blog kita jadi cepat dan enak dibaca menggunakan gadget.

Demikian artikel dari saya

Silahkan kalau mau download Template Minima Light yang free Version dilink ini Download Template Minima Light


 Salam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengaruh Template Blog